5 Alasan Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat

Kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun kasusnya terus saja meningkat dan menjadi masalah serius di Indonesia. Pada tahun 2020 saja totalnya ada 7565 kasus dan tentu saja di tahun 2022 semakin banyak kasusnya. Oleh karena itu asuransi kecelakaan sangat penting dimiliki oleh setiap orang yang sudah bisa berkendara.

Kecelakaan lalu lintas terjadi karena banyak alasan atau faktor penyebabnya. Sehingga sebisa mungkin kamu harus waspada ataupun lebih hati-hati agar terhindari dari kecelakaan ringan maupun berat.

Berbagai Penyebab Kecelakaan di Indonesia

Ketika berkendara baik menggunakan transportasi darat, laut dan udara sebisa mungkin haruslah dengan aman. Kamu bisa menggunakan helm, pelindung kaki, menggunakan pakaian yang tertutup dan dalam kondisi yang fit. Nah berikut ini beberapa penyebab kecelakaan lalu lintas yang seringkali terjadi di Indonesia. Harapannya ketika kamu tau penyebabnya kamu bisa tau apa yang harus kamu persiapkan dan lakukan nantinya.

  • Karena Kesalahan Manusia

Manusia bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan loh, atau yang kita kenal dengan human error. Bahkan pada beberapa riset menyatakan kalau 61% kecelakaan yang terjadi di Indonesia adalah karena human error.

Ada banyak kesalahan manusia yang bisa menyebabkan kecelakaan. Diantaranya pengendara mengantuk, kurang fokus, atau dia sudah kelelahan. Selain itu belum bisa menyetir dengan benar sehingga ketika turun ke jalanan yang ramai mereka panik. Kemudian manusia juga bisa memberikan respon yang salah ketika menyetir, sehingga panik dan akhirnya kecelakaan. Tapi ada juga mereka yang menyetir ketika dipengaruhi oleh obat-obatan, alkohol, ataupun narkotika. Dan yang marak sekarang ialah berkendara dengan bermain gadget sehingga mengganggu fokus.

Oleh karena itu saat berkendara konsentrasi penuh diperlukan untuk menghindari terjadinya human error yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

  • Kondisi Jalanan Indonesia

Indonesia masih masuk kategori negara yang berkembang, dimana pembangunan jalanannya juga masih belum menyeluruh. Adapun kondisi jalanan yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, diantaranya kurangnya penerangan jalan di malam hari alhasil mereka hanya mengandalkan penerangan dari lampu kendaraan saja. Biasanya kondisi ini akan rawan ngantuk dan menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang tidak bisa dihindari.

Kemudian banyaknya jalanan yang berlubang di Indonesia, sehingga pengemudi banyak yang mengerem mendadak sehingga mencelakakan diri sendiri dan orang lain yang ada di belakangnya. Kemudian kurangnya rambu lalu lintas membuat pengemudi kurang waspada ketika ada tikungan yang curam. Pada kondisi jalan yang tikungannya tajam apalagi di jalan tol bisa membuat mereka yang melaju dengan kecepatan di atas rata-rata kurang bisa waspada.

  • Faktor Alam

Alam juga bisa loh mempengaruhi lalu lintas, apalagi jika kamu berkendara dalam kondisi hujan deras sehingga jalanan licin dan jarak pandang menjadi lebih pendek. Selain hujan, ada juga banjir, gempa bumi, kabur maupun bencana lain yang juga bisa memicu kecelakaan.

  • Ada Masalah Pada Kendaraan

Selanjutnya kecelakaan lalu lintas juga bisa terjadi karena adanya masalah pada kendaraan yang kamu naiki. Diantaranya rem blong, kendaraan yang sudah tua, tidak pernah dibawa ke bengkel sehingga mesin mati, dan lain sebagainya.

  • Kendaraan Kelebihan Muatan

Seringkali ketika di jalan kita menjumpai truk yang kelebihan muatan, dimana membuat kendaraan menjadi tidak seimbang ketika di jalan aliyas oleng sehingga menyebabkan kecelakaan. Padahal seharusnya mereka tidak melebihi kapasitas demi keselamatan mereka sendiri dan orang lain.

Cara Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kecelakaan terjadi. Meskipun kamu berkendara dalam jarak yang dekat harapannya kamu bisa mengikuti tips berkendara berikut ini sehingga kamu bisa selamat sampai tujuan:

  • Lakukan safety riding, yaitu dengan menggunakan helm kemanapun, ketika mengendarai mobil juga menggunakan seatbelt, tidak mengemudi saat kamu mabuk atau ngantuk.
  • Selalu mematuhi rambu lalu lintas yang telah terpasang.
  • Jangan menggunakan ponsel ketika berkendara, ada baiknya kamu minggir terlebih dahulu jika ingin menghubungi seseorang.
  • Kamu wajib punya pengetahuan tentang pertolongan pertama saat kecelakaan.
  • Buatlah asuransi kecelakaan untuk mendapatkan jaminan biaya pengobatan apabila kecelakaan terjadi.
  • Selalu mengawali berkendara dengan berdoa agar bisa selamat hingga ke tujuan.
  • Berkendaralah di kecepatan sedang saja, jangan melebihi batas rata-rata karena sangat membahayakan.

Nah itulah tadi beberapa hal yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas terjadi. Sehingga kamu perlu waspada dan melakukan safety riding agar bisa selamat sampai tujuan. Dan jika kamu belum punya asuransi kecelakaan padahal kamu sering berkendara sebaiknya segera membuat karena banyak manfaat yang akan kamu dapatkan.

Tinggalkan komentar